Tuesday 3 January 2017

Review Komik Indonesia The Grand Legend Ramayana

Review Komik Lokal Indoneisa The Grand Legend Ramayana vol 1




Hai guys, berjumpa lagi di Alfan Tutorial. Pada kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang tutorial ya..hehe.
Tapi Tenang, di blog kali ini saya akan mereview komik lokal yang sangat keren, dan wajib untuk di baca :).Yups, kali ini saya akan mereview komik The Grand Legend Ramayana.

Komik GLR atau Grand Legend Ramayana ini merupakan karya dari komikus terkenal Indonesia ,yaitu Is Yuniarto.  The Grand Legend Ramayana adalah komik yang telah diserialisasikan di komik kompilasi Indonesia re:On. Saya sudah tertarik dengan komik ini sejak lama, akhirnya saya membeli versi cetaknya.Ini adalah komik GLR vol.1 yang telah saya beli kemarin:


Komik GLR atau The Grand Legend Ramayana dari namanya, yups Ramayana adalah latar belakang cerita yang di ambil dalam komik ini. Ramayana adalah kisah yang sangat terkenal ,yang berasal dari india.Ramayana bercerita tentang Rama yang merupakan pangeran kerajaan Ayodya, yang berusaha menyelamatkan kekasihnya yang bernama Dewi Shinta puteri kerajaan Mitila yang di culik oleh Rahwana.itu setahu saya hehe, lebih lengkapnya googling ya :D

Di komik GLR ini Is Yuniarto tidak serta merta mengcopy cerita Ramayana lho gaes. Pada kenyataanya komik GLR ini merupakan cerita fiktif adaptasi bebas,Senjata Modern, dan gambar yang keren membuat cerita GLR ini fresh dan sangat menarik untuk di ikuti, dalam cerita GLR ini Rama digambarkan dengan sangat keren , dengan mempunyai semjata mirip pistol yang bernama AGNIASTRA dan memiliki kemampuan Khusus.

Rama memiliki dua saudara ,yaitu Laksmana atau sering di panggil Laks dan Basrath.
Laksmana sendiri adalah adik dari Rama, dia memiliki sikap yang percaya diri namun agak sedikit ceroboh sehingga membuat kakaknya sering kualahan. dia memiliki senjata Pedang sakti yang di gunakan untuk memburu para Yaksha (Monster).


Dan Heroin dalam cerita komik GLR ini adalah Shinta puteri dari kerajaan Mithila , disini ia di gambarkan sebagai sosok puteri yang Cantik dan pemberani .Senjatanya berupa Bazooka yang digunakan unuk melawan para Yaksha (Monster)


Sepertinya Is Yuniarto melakukan riset mendalam tentang setiap karakter, bisa dilihat bahwa setiap karakter dapat menjiwai karakter Ramayana aslinya.
Hal yang menarik dan menjadi daya tarik adalah dari segi desain karakternya. setiap karakter mampu mewakili dari sifat karakter tersebut serta desain pakaian, kostum yang menampilkan batik dan ukir khas indonesia , dan senjatanya pun sangat modern .Namun tidak meninggalkan ciri khas dari elemen-elemen Wayang nya.

Komik GLR vol.1 ini menceritakan tentang kisah masa kecil Rama dan Laks yang menyelamatkan gadis kecil yang sedang diserang oleh Yaksha (Monster). kemudian Rama terluka parah sehingga terjatuh pingsan, dan kemudian di tolong oleh Garuda yaitu Ras Manusia Burung pengawal dari gadis kecil tersebut.
Setelah Mereka Dewasa , pada suatu hari Rama , Laks beserta sang Guru (Wiswamitra) dan pengawalnya mendapatkan misi dari sang raja Ayodya untuk menyelidiki wilayah Janasthan ,yaitu sebuah daerah perbatasan dengan Mithila, saat itu juga mereka di tabrak oleh Truk dari gerombolan Misterius, dalam truk tersebut berisi Yaksha berukuran Raksasa. Rama dan kawan-kwan pun melawan Yaksha tersebut dengan susah payah, para pengawal tewas oleh tangan yaksha.Dalam situasi terjepit Rama di tolong oleh sesosok perempuan, yaitu Sinta. dalam keadaan terluka parah kemudian Rama ,laks dan gurunya dibawa ke negeri Mithila.

Setelah secara garis besar saya bercerita tentang komik The Grand Legend Ramayana ini ,ada beberapa point menarik yang saya dapat ketika selesei membaca komik ini ,antara lain:
  • Cerita yang Unik. 
    • Meskipun garis besar di ambil dari cerita Ramayana. namun dengan nuansa modern berbau tradisi indonesia membuat cerita GLR ini sangat fresh dan menarik untuk di ikuti,dan tidak mudah bosan dengan jalur Ceritanya
  • Panel.
    •  Penempatan panel - panel yang pas, serta detail dari background yang cukup detail dalam pengmbaraanya mebuat setiap gerakan per gerakan dalam komik ini menjadi hidup, pemakaian Screentone nya pun sangat pas. serta gerakan tokoh dalam cerita pun di gambarkan dengan baik, tidak usah diragukan lagi kemampan sensei Is Yuniarto :)




  • Hasil Cetakan
    • Hasil Ccetakan bagus, terbukti dari hasil cetaknya yang rapat dan juga pekat, serta binding nya yang rapi,kertas kover pun lumayan tebal ,serta warna cetakan yang bagus,




Diatas sudah saya jelaskan beberapa kelebihan komik GLR ini , terlepas dari itu semua saya menemukan beberapa kelemahan di komik ini antara lain :
  • Masih ada beberapa panel yang kosong, dan beberapa panel yang berisi polos atau dipenuhi gradien abu- abu .latar belakang tempat kurang di tampilkan
  • Angle atau sudut pandang kamera yang masih monoton, mungkin bisa ditambahkan angle dari atas, supaya memberikan kesan lebih hidup .:)
Saya rasa itu saja kekuranganya, sebagai pembaca .mungkin reader lain memiliki atau ingin menambahkan pendapat yang lain, but overall Komik The Grand Legend Ramayana ini sangat keren dan Wajib untuk di baca :). Komik GLR hanya di bandrol seharga RP25.000 saja lho, lebih murah dari komik Indonesia lainya :) 

Mungkin itu saja review dari saya, semoga perkomikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan komikus komikus generasi baru , dan bisa menghidupi para komikus Indonesia.
See you next time guys. :D







Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

header

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.